Formasi CPNS Kabupaten Pesisir Barat Belum Turun

80CPNS-2013.jpg

Krui &ndash Hingga kini formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Pesisir Barat (KPB) belum diterima Pemkab setempat dari pemerintah  pusat. Karena itu, kemungkinan untuk jadwal pengumuman formasi, pendaftaran, dan sebagainya akan dilakukan penundaan.

 

Sementara, untuk jumlah formasi dari pusat yang akan dibuka sebanyak 60.000 formasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20.000 formasi dialokasikan untuk pemerintah pusat baik itu pada instansi kementerian atau pun badan dan lembaga. Sedangkan sisanya, yaitu sebanyak 40.000 formasi dialokasikan untuk formasi CPNS daerah.

Hal tersebut dijelaskan, Kepala Bagian Kepegawaian, Kabupaten Pesisir Barat, Mesrawan, S.STp, M.Si, kepada wartawan, Senin (29).

 

Menurut dia, hingga kini pihaknya belum mendapat informasi dari pusat terkait jumlah formasi CPNS untuk di Kabupaten Pesisir Barat ini. Dan bukan hanya di kabupaten ini saja yang belum mendapatkan formasi tersebut melainkan kabupaten lain yang membuka lowongan CPNS belum mendapat formasi. Pemkab Pesisir Barat masih menunggu dari pusat dan jika sudah ada informasi untuk jumlah formasi CPNS di kabupaten ini nantinya baru akan dilaksanakan proses selanjutnya.

"Karena itu, untuk saat ini kita  masih menunggu saja. Sementara, pada penerimaan CPNS tahun ini akan  dibagi menjadi dua yakni penerimaan CPNS dari pelamar umum dan mengutamakan pengangkatan tenaga honorer kategori dua. Sedangkan, terkait data tenaga honorer kategori dua (K2) yang ada di Pesisir Barat ini masih ditangani Pemkab induk Lampung Barat, artinya semua data masih di Lambar, &ldquo jelasnya.

Dijelaskan, pemerintah pusat juga memutuskan tahun ini hanya membuka penerimaan CPNS beberapa kategori, yang meliputi untuk instansi daerah, kategori penerimaannya hanya pada jurusan tenaga pendidik dan teknis. Misalnya guru SD, dosen, dan guru bidang keahlian khusus seperti guru tata boga dan guru kesenian. Berikutnya adalah jurusan untuk tenaga medis dan paramedis. Seperti dokter, perawat, bidan, apoteker, dan bidang lainnya yang terkait.

&ldquoBahkan khusus untuk dokter tidak perlu mengikuti tes kompetensi dasar (TKD), mereka hanya mengikuti seleksi administrasi. Ketentuan ini berlaku terbatas bagi dokter yang mau ditempatkan di daerah terpencil dan perbatasan. Kemudian kategori jurusan yang dibuka untuk daerah adalah formasi jabatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi, yakni penyuluh pertanian, penyuluh perkebunan, penyuluh kehutanan, penyuluh perikanan, termasuk bidang koperasi, bidang UKM, dan lainnya,&ldquo terangnya.

Lanjut dia, kategori penerimaan lainnya yakni formasi jabatan untuk menciptakan lapangan kerja, seperti bidang instruktur otomotif, las, perbengkelan, dan instruktur kursus menjahit. Kategori lainya adalah formasi jabatan untuk mengurangi kemiskinan, misalnya pembimbing kelompok pendamping dan pendamping tepat guna.

&ldquoSerta formasi jabatan untuk pengendalian penduduk, yakni penyuluh KB.  Lowongan tersebut dibuka untuk instansi daerah yang diberikan formasi penerimaan CPNS-nya. Selain dari kategori jabatan tersebut, tidak ada lagi peluang untuk jurusan lain. Kita berharap secepatnya untuk di Kabupaten Pesisir Barat ini dapat segera menerima formasi CPNS, &ldquo pungkasnya. (SL-PR)

Wakil Gubernur

BACHTIAR BASRI
Wakil Gubernur Lampung

Area Member



Not Register ? Register on Here

Banner Iklan

Gubernur

MUHAMMAD RIDHO FICARDO
Gubernur Lampung

Statistik Pengunjung

Terimakasih Telah Mengunjungi Situs Resmi Pemerintah Provinsi Lampung
Hari Ini : 1
Kemarin : 1
Bulan ini : 49
Tahun ini : 70
Total : 83301
Hits Count : 56
Now Online : 1 User
IP : 10.18.1.1